Jenis Makanan Yang Paling Sering Bikin Ketagihan

Studi dari University of Colorado yang dipublikasikan oleh PLOS Journals menunjukkan bahwa 9 dari 10 makanan teratas yang menyebabkan ketagihan adalah makanan tinggi lemak, garam dan gula. Inilah Jenis Makanan Yang Paling Sering Bikin Ketagihan.

Jenis Makanan Yang Paling Sering Bikin Ketagihan

Jenis Makanan Yang Paling Sering Bikin Ketagihan | Jika Anda merasa sepertinya sudah kecanduan keripik, mungkin Anda benar. Berdasarkan penelitian dari University of Michigan, Amerika Serikat, memang ada beberapa makanan yang memiliki tingkat kecanduan yang tinggi setelah disantap.

Tim peneliti melakukan survei tentang makanan yang sulit mereka tolak. Ada dua jenis makanan yang ternyata memang lebih digilai orang-orang, yakni tinggi kandungan lemak dan tinggi indeks glikemiknya (cepat menaikkan kadar gula darah setelah dicerna). Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi cenderung kaya akan gula dan karbohidrat.

  • Pizza

Semakin banyak diolah, semakin buruk pizza. Jadi, coba pilih pizza yang terbuat dengan bahan segar dan jangan terlalu banyak makan keju,karena akan bikin ketagihan. Paling baik adalah membuat pizza sendiri di rumah dengan resep sehat, misalnya menggunakan crust pizza dari bunga kol atau dengan taburan banyak sayuran.

  • Coklat

Daripada makan choco bar, susu cokelat, atau cokelat manis, lebih baik pilih dark chocolate. Mungkin terasa pahit di awal, tapi seiring waktu saat lidah sudah menyesuaikan, rasa ini tidak akan jadi masalah. Bahkan Anda akan merasa susu cokelat terlalu manis.

  • Cookies

Sulit untuk menemukan cookies dengan sedikit bahan aditif. Cara terbaik adalah membuatnya sendiri karena Anda bisa mengontrol semua bahan dan memangkas asupan gula. Tapi jika Anda tetap ingin membeli di toko, baca label secara teliti dan carilah yang sealami mungkin, pilihan rasa walnut oatmeal bisa dicoba.

  • Keripik Kentang

Keripik kentang dan camilan renyah lainnya tinggi bahan olahan. Mereka pun asin dan penuh udara, membuatnya Anda hanya merasakan kenikmatan sementara dan tidak mengenyangkan. Jadi Anda pun terus memakannya. Coba cari varietas rendah garam untuk bantu kurangi konsumsi camilan renyah ini.

  • Es Krim

Rasa manis dingin bikin orang ketagihan es krim. Apalagi teksturnya lembut.Lebih baik beli es krim dalam porsi kecil, jangan beli banyak atau dalam literan. Dan hanya beli di toko es krim saat ingin. Jadi, Anda perlu bersiap, memanaskan kendaraan, dan menyetir kesana. Cara ini tentu bagus untuk meredam keinginan makan dibanding cukup ke dapur dan membuka kulkas. Walatra Berry Jus

  • Kue

Saat Anda sudah mengigit kue, sulit untuk menolak suapan kedua. Cara terbaik adalah menghindari ada di dekat sajian manis ini. Dan belajarlah mengontrol diri untuk berhenti makan.

  • Kentang Goreng

Kentang gorenf food akan selalu bikin ketagihan. Rasanya asin dan banyak tambahan lemak. Hal ini juga berlaku pada ubi jalar goreng, walau kandungan garamnya lebih rendah. Jika Anda bisa membuat kentang panggang sendiri.

  • Cheese Burger

Cheeseburger di restoran fast-food tidak sehat, sarat lemak jenuh, dan tentunya buat ketagihan. Makan dengan satu tangkup roti lebih baik, untuk menghilangkan sebanyak mungkin bahan olahan dalam sajian. Makan terlalu banyak burger tidak hanya akan bikin gemuk, pola makan penuh daging merah juga terkait dengan naiknya risiko kanker kolorektal, gagal ginjal, diabetes tipe 2, dan kondisi kesehatan lainnya. Baca Juga : QnC Jelly Gamat

  • Sereal Sarapan

Sereal merupakan keripik yang dikombinasikan dengan keripik sereal rendah serat. Jadi perhatikan label bahan pembuat. The Environmental Working Group, yang baru-baru ini menyusun 1556 sereal berdasarkan kadar gulanya. Mereka merekomendasikan untuk mencari merk sereal dengan kandungan tidak lebih dari 4 gram gula/sajian.

  • Ayam Goreng

Daging ayam sendiri bukan masalah. Masalah terletak pada lapisan tepung dan kulit goreng renyah, penuh lemak, dan asin pada ayam goreng.Lebih baik makanlah ayam dengan cara dipanggang.

Baca Juga : efek negatif bergosip yang bisa mempengaruhi kesehatan

Jenis Makanan Yang Paling Sering Bikin Ketagihan

Efek Negatif Bergosip Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Kaum wanita memang suka berkumpul dan bersosialisasi dengan sesamanya. Ada suatu kewajiban yang tidak boleh terlupakan dalam “acara sosialisasi” ini, yaitu bergosip. Meskipun terlihat seru dan bisa menjadi topik pembicaraan baru tapi ternyata gosip bisa membahayakan kesehatan. Inilah efek negatif bergosip yang bisa mempengaruhi kesehatan.

Efek Negatif Bergosip Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Efek Negatif Bergosip Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan – Khususnya bagi wanita, mendengar gosip bisa menjadi sebuah rutinitas yang seru dan membuat penasaran. Padahal, sebenarnya gosip pun berpengaruh buruk bagi kesehatan Anda.

Beberapa waktu lalu, studi terbaru dari Belanda menemukan bahwa mendengar gosip tentang orang lain bisa memengaruhi bagaimana Anda menilai diri sendiri hingga pada akhirnya, kepercayaan diri serta kenyamanan diri pun bisa terganggu.

Dikatakan ketua penulis studi, Elena Martinescu PhD, saat seseorang mendengar gosip buruk tentang kinerja rekannya di kantor, mereka bisa merasa percaya diri. Sebaliknya, saat gosip positif yang didengar, mereka justru merasa minder dan khawatir dengan performanya di kantor.

Gosip bisa terasa pahit untuk beberapa orang. Saat mendengar hal negatif dari orang lain, Anda bisa merasa lebih unggul dan lebih dihargai. Tapi, ketika hal positif Anda dengar, bisa muncul sebuah ancaman atau kekhawatiran pada diri Anda,” terang Martinescu dalam laporannya dan dikutip pada Kamis (27/11/2014).

Memang, diakui Martinescu hal-hal positif soal orang lain yang disampaikan dalam sesi bergosip bisa menjadi sebuah alarm agar seseorang bisa lebih kompetitif lagi. Pada beberapa kasus, ketika merasa ada saingan, pastinya seseorang akan mudah stres, tertekan, dan depresi.

Kondisi ini pastinya tidak baik untuk kesehatan dan harus segera ditangani jika tak ingin makin parah. Meski demikian, Martinescu menegaskan sebenarnya baik kabar positif atau negatif orang lain bisa membantu seseorang lebih sukses lagi.

Dengan mendengar aneka kabar soal orang lain, seseorang bisa memiliki bahan untuk evaluasi diri. Hal terpenting adalah filterlah hal-hal yang ingin Anda dengar dan yang tidak. Jika dirasa kabar tersebut justru dapat menimbulkan beban, berlalulah dan tak usah digubris,” papar Martinescu.

Meskipun sebenarnya gosip lebih merujuk pada kabar burung yang beredar tapi kini, saat seseorang tengah berbincang soal rekannya yang lain, bisa dikatakan pula kita sedang bergosip bukan,” tandasnya.

Dampak Bergosip bagi kesehatan

Berikut uraian lengkapnya mengenai Efek Negatif Bergosip Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan :

  • Bergosip mempengaruhi penilaian

Bergosip cenderung mempengaruhi penilaian seseorang. Karena mempengaruhi otak, orang tersebut tidak bisa benar-benar berpikir secara jernih. Seorang biang gosip selalu terus berpikir tentang keburukan orang-orang, inilah alasan dia akan kehilangan kapasitas berpikir untuk menilai dirinya sendiri.

Baca Juga : Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih | Walatra Bersih Wanita

  • Bergosip mempengaruhi persepsi visual

Kebiasaan bergosip bisa mempengaruhi penglihatan normal seseorang. Hal ini disebut sebagai ‘persaingan teropong’ (Binocular Rivalry), sebuah fenomena dari persepsi visual dimana mata mempersepsikan gambar yang berbeda terhadap sebuah stimulus. Hal ini berkaitan dengan intuisi seseorang. Intuisi datang dengan sendirinya ketika akan melakukan sesuatu, menunjukkan, mengarahkan menuju sesuatu tersebut. Seperti bayangan yang tiba-tiba datang ketika akan menghadapi suatu hal. Entah bayangan tersebut baik atau buruk, ‘gambaran’ ini datang secara sekelebat di depan mata. Intuisi menjadi satu hal penting pada orang yang memiliki kepekaan, namun tidak berjalan baik pada orang yang mendasari segala perilakunya berdasarkan logika. Hal ini terjadi ketika seseorang terus-menerus mengembangkan kebiasaan bergosip sehari-hari.

  • Bergosip menyebabkan depresi

Senang bergosip membicarakan orang lain mengarahkan kehidupan kita seperti terisolasi, yang pada gilirannya menyebabkan depresi. Gosip tidak memiliki tujuan apapun, karena bicara tanpa berpikir panjang di belakang seseorang yang sedang asyik digosipkan. Seseorang yang bergosip sepanjang waktu tidak memiliki banyak teman karena sifat yang satu ini. Hal inilah yang nantinya menyebabkan depresi.

  • Bergosip mempengaruhi produktivitas

Gosip mempengaruhi produktivitas kerja seseorang secara keseluruhan. Seseorang selalu berpikir tentang orang lain dan kejelekan mereka. Akhirnya, hal itu mempengaruhi cara dan hasil dari pekerjaan yang dia kerjakan. Parahnya, hal ini juga berakibat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

  • Bergosip mengurangi motivasi

Orang normal umumnya selalu mencari inspirasi dan motivasi dimanapun dan kapanpun demi mealtih proses pengembangan diri (Self Development). Tapi, hal ini tidak berlaku dengan seorang penggosip. Saat dia terus-menerus bergosip membicarakan orang lain, secara tidak sadar kebiasaan ini mengarahkannya ke dalam keadaan demotivasi (kehilangan motivasi). Akhirnya seseorang merasa tak berdaya jika dihadapkan dalam situasi seperti ini.

  • Bergosip dapat menyebabkan stres

Memperhatikan atau mendengarkan gosip sepanjang waktu juga dapat menyebabkan stres. Orang sering memandang keliru bahwa bergosip sebenarnya baik untuk kesehatan. Tapi, itu adalah sebaliknya. Bergosip justru mengarahkan ke dalam kondisi stres, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya dalam tubuh.

  • Bergosip mempengaruhi harga diri (Self Esteem)

Biasa bergosip juga mempengaruhi mental seseorang. Khususnya mempengaruhi harga diri, terutama jika seseorang mendengar sesuatu yang berhubungan dengan dirinya. Karena bergosip bukanlah praktik yang baik, maka hal ini menciptakan mental blok dalam diri kita sendiri. Ini adalah kebiasaan yang membuang-buang waktu dan energi, karena memang terbukti dapat mempengaruhi kesehatan fisik seseorang.

Kebanyakan orang percaya bahwa bergosip adalah cara untuk melampiaskan segala hal yang dianggapnya ‘buruk’, padahal ‘baik’ dan ‘buruk’ itupun sendiri juga relatif jika kita bisa memandang suatu permasalahan dalam gambaran secara besar. Tapi, hal ini sebenarnya berbahaya bagi tubuh dan pikiran. Keseringan bergosip juga dapat mempengaruhi sebagian besar hubungan.

Baca Juga : Agen Walatra | Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral

Efek Negatif Bergosip Yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan

Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih

Jika anda sudah mengkonsumsi cukup air dan warna urine berwarna kuning muda, namun tetap merasa haus terus, mungkin ini saatnya anda memeriksakan diri ke dokter. Karena ada beberapa Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih

Selamat datang kembali di situs Cara Pemesanan Compound Marrow Powder yang tak lain adalah salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen penjualan obat herbal online terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin herbal yang permbuatannya tanpa bahan kimia sedikitpun. Di kesempatan posting kali ini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yaitu mengenai Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih, jika anda belum mengetahuinya simaklah informasinya dibawah ini.

penyakit-yang-ditandai-dengan-rasa-haus-berlebih

Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih — Dalam kondisi normal, rasa haus yang timbul memang sudah menjadi sinyal bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Selain itu, tubuh yang merasa haus secara normal juga bisa dikarenakan adanya respon mengkonsumsi makanan pedas, asin, respon karena masih dalam masa kehamilan, dan respon dari mengkonsumsi jenis-obat-obatan tertentu.

Namun disis lain pernahkan anda melihat tentang kondisi tubuh yang sering merasa haus sepanjang waktu, dan melebihi batas kewajaran? Sehingga mau tidak mau seringkali berkeinginan untuk mengkonsumsi air secara berlebih, meskipun hal demikian sudah melebihi batas asupan air yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dan ternyata kondisi tubuh yang semacam ini merupakan pertanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan atau permasalahan. Sehingga dari situ semua bisa ditemukan adanya beberapa jenis penyakit yang ditandai dengan rasa haus secara terus-menerus. Oleh kerana itu, jika tiba-tiba saja tubuh anda kerap sekali merasa kehausan, meski asupan cairan dalam tubuh sudah terpenuhi. Maka anda bisa mengenali akan tanda-tanda kesehatan tubuh sedang mengalami masalah. Dan di bawah ini ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan tubuh seringkali merasa haus secara berlebih :

  • diabetes

diabetes meningkatkan risiko dehidrasi, terlebih jika penyakit ini tidak disadari. Saat tekanan gula darah terlalu tinggi, tubuh akan memaksa ginjal memproduksi urine lebih banyak untuk menyingkirkan glukosa yang berlebih.

Gejala lainnya adalah sering buang air kecil, dan ini juga memicu haus,” kata Heather Rosen, MD, direktur medis UPMC Urgent Care North Huntingdon di Pennsylvania.

  • diabetes insipidus

Meskipun diabetes insipidus tidak terkait dengan diabetes yang kita ketahui, tapi  tanda-tanda gejalanya sama, seperti dehidrasi dan kandung kemih yang aktif.

diabetes insipidus adalah kondisi yang sangat langka. Ditandai dengan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang memengaruhi penyerapan air.

Penderita penyakit ini akan kehilangan sejumlah besar air melalui urine, bahkan bisa mencapai 20 liter sehari. Akibatnya rasa haus pun terus menerus dirasakan.

  • Menstruasi

Selama masa menstruasi, adalah normal jika kita memiliki dorongan untuk terus minum.

Kadar estrogen dan progesteron bisa memengaruhi volume cairan tubuh. Ditambah dengan kehilangan darah selama haid, kompensasinya adalah peningkatan rasa haus,” kata Rosen.

  • Mulut kering

Mulut kering, juga dikenal sebagai xerostomia, sering menjadi penyebab haus berlebihan.

Rasa kering yang abnormal dari membran mukosa mulut terjadi akibat pengurangan aliran atau perubahan komposisi air liur,” kata Rosen.

Jika kelenjar tidak memproduksi saliva yang cukup, gejala lainnya adalah bau mulut, sulit mengunyah, dan rasa tebal, air liur seperti benang.  Mulut kering bisa juga merupakan efek samping dari obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

  • Anemia

Ada berbagai penyebab anemia, mulai dari keluarnya darah menstruasi terlalu banyak, atau luka yang menyebabkan perdarahan. Tubuh kehilangan sel darah merah lebih cepat dari yang bisa digantikan. Kompensasi dari kehilangan cairan itu adalah rasa haus.

Penyebab umum dari menstruasi berat adalah kadar tiroid rendah,” kata Pruedence Hall. Pemeriksaan fisik dan tes darah dapat menentukan apakah Anda mengalami anemia dan pengobatan yang tepat.

  • Tekanan darah rendah

Stres kronis bisa menyebabkan fungsi kelenjar adrenal terganggu, yang dapat mengakibatkan tekanan darah rendah,” kata Hall. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing, depresi, cemas, dan juga haus yang ekstrim.

  • Pola makan

Makanan yang memiliki efek diuretik (seperti seledri, asparagus, bit, lemon, melon, jahe dan pterseli) dapat membuat Anda haus karena mereka menyebabkan Anda lebih banyak buang air kecil,” kata Jessica Cording, RD, ahli gizi.

Meskipun makanan tersebut menyehatkan, tetapi pertimbangkan efek sampingnya. Variasikan juga pola makan Anda dengan berbagai jenis buah dan sayuran.

Nah itulah Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih. Semoga apa yang kami kutif dapat menambah pengetahuan baru anda. Terima kasih telah berkunjung.

BACA JUGA >> Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral

Penyakit Yang Ditandai Dengan Rasa Haus Berlebih

Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral

Inilah Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral, selain utnuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral

Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral — Perubahan cuaca mendadak adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan penyakit. Keadaan ini akan menyebabkan penurunan imunitas tubuh, sehingga membuat seseorang lebih mudah jatuh sakit. Dengan begitu, biasanya seseoarang akan lebih memilih untuk mengkonsumai suplemen vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin dan mineral merupakan dua dari banyak jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Keduanya memainkan benyak peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.. Selain menjaga imunitas tubuh, ternyata mencukupi vitamin dan mineral juga bisa memberikan manfaat lain bagi tubuh.

Manfaat yang anda terima jika mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Memori

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Australia terhadap lebih dari 3 ribu orang partisipan yang berasal dari remaja hingga lansia menemukan bahwa memenuhi vitamin akan membantu untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan memori.

Mereka menemukan bahwa multivitamin tersebut bisa membuat kemampuan berpikir para lansia meningkat serta menjadi lebih waspada. Selain itu, perasaan stres dan depresi mereka juga berkurang.

Sedangkan para pelajar yang diberi asupan multivitamin memiliki skor yang lebih tinggi daripada pelajar yang hanya diberi placebo.

  • Mencegah Infeksi

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 terhadap lebih dari 130 orang dewasa ditemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral secara signifikan dalam setahun akan mengurangi berbagai resiko terjadinya infeksi seperti influensa, saluran kencing, saluran pernapasan dan infeksi pencernaan. Mereka juga lebih jarang sakit daripada orang yang hanya mengkonsumsi placebo.

BACA JUGA >>> Mengenal Penyakit Kawasaki Disease yang Mengintai Si Kecil

  • Mencegah Kanker Prostat

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen multivitamin dengan selenium, maka seseorang bisa menurunkan resiko untuk terkena kanker prostat sebesar 40 persen.

  •  Menurunkan Resiko Berbagai Jenis Kanker

Seorang peneliti dari Jerman yang melakukan penelitian terhadap 23 ribu orang menemukan bahwa seseorang yang bisa mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral akan menurunkan resiko kematian akibat kanker sebesar 48% dan resiko kematian karena penyakit lainnya sebesar 42%.

  • Menurukan Resiko Terjadinya Serangan Jantung

Sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2010 menemukan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen vitamin, terutama vitamin A, C dan E bisa mencegah seseorang untuk terkena kanker kolon. Studi lain yang dilakukan oleh Karolinska Institute pada tahun 2010 bahkan menemukan bahwa seseorang yang mencukupi kebutuhan vitaminya setiap hari akan mengurangi resiko untuk terkena serangan jantung sebesar 30 persen.

BACA JUGA >>> Bulletproof Coffee, Kopi Mentega Yang Dapat Turunkan Berat Badan

Terus kunjungi situs https://carapemesanancompoundmarrowpowderblog.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya.

Manfaat Yang Didapat Jika Mencukupi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral

Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Adanya sel kulit mati pada kulit sangatlah mengganggu dan sangat merusak penampilan kulit, oleh karena itu penting bagi anda untuk memberikan perawatan dalam mengangkat sel kulit mati. Maka dari itu kami akan membagi informasi mengenai bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati untuk lebih jelas simak di bawah ini.

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal agen resmi Green World yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati — Sel kulit mati merupakan lapisan sel kulit yang telah mengelupas dan menghitam. Sel kulit masti sangat menganggu penampilan dan membuat tidak nyaman, terutama jika terdapat pada wajah . Ya sel kulit mati selain membuat kulit menjadi kasar, sel kulit mati juga membuat kulit nampak gelap. Oleh sebab itu sel kulit mati harus segera diatasi agar kulit menjadi halus dan cerah kembali.

Sel kulit mati jika tidak segera diatasi dapat membuat kulit menjadi kering dan rusak. Oleh sebab itu penting bagi kita terutama bagi kaum wanita untuk selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan selalu menjaga kulit selalu lembab dan terhindari dari kulit kering. Sel kulit mati sendiri muncul karena adanya regenerasi sel kulit, hal ini memang wajar dan terjadi pada semua orang, namun yang paling mengganggu adalah proses regenerasi yang cukup lama seperti sel kulit mati yang terjadi karena bekas jerawat, bekas luka, bekas luka bakar dan lain sebagainya. Namun anda tak perlu khawatir ada banyak bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Berikut Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

  • Jeruk nipis

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan adalah jeruk nipis. Gunakan jeruk nipis untuk kulit anda. Utamanya bagi anda yang berusia 40 tahun. Irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah dan seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu bilas kembali dengan air dingin agar pori-porinya merapat.

  • Kopi

Kopi terkenal dengan zat kafein yang terkandung didalamnya. Selain enak untuk dibuat minuman, ternyata kopi dapat juga digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Zat kafein ini dapat digunakan untuk mengurangi bengkak di sekitar mata, selain itu juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya adalah sediakan bubuk kopi segar atau dapat juga menggunakan bubuk kopi yang sudah diseduh. Campurlah bubuk kopi tersebut dengan sedikit minyak essensial yang pastinya anda mempunyai di rumah. Kemudian gosoklah perlahan-lahan pada kulit wajah anda, insyaAlloh anda akan mendapatkan kulit yang segar, halus dan lembut serta bebas selulit.

  • Gula

Gula pasir merupakan bahan utama scrub yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta menjadikan kulit tampak bercahaya. Carilah scrub alami di toko yang terbuat dari gula dengan minyak zaitun. Kemudian tambahkan gel lidah buaya atau madu supaya kulit menjadi lembut. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan scrub ke telapak tangan, lalu oleskan ke permukaan wajah dengan pijatan lembut melingkar. Diamkan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk scrub wajah dan tubuh.

  • Garam Laut

Garam laut memang sudah dipercaya dapat mengelupas kulit mati secara sempurna. Namun garam yang digunakan disini bukanlah garam meja. Dengan butirannya yang besar dan kasar serta tidak mudah larut, garam laut ini sangat baik untuk membersihkan kulit dibagian-bagian tubuh anda yang kasar seperti siku, kaki dan lengan. Selain itu kelebihan garam laut ini adalah sifatnya yang tidak lengket di kulit. Tubuh anda akan lebih segar bila memakai scrub yang mengandung garam. Kandungan garam bisa memperbaiki sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, dan menghaluskan kulit.

Caranya cukup mudah, campurkanlah garam laut dengan sedikit minyak essensial kemudian gosokkan ke kulit wajah anda secara perlahan-lahan. Atau juga dengan lain yang bisa anda coba yaitu dengan mencampurkan air garam dan minyak zaitun. Tambahkan 5 tetes minyak esensial (misalnya minyak aprikot). Minyak aprikot dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit tanpa meninggalkan minyak pada kulit. Sebagai minyak esensial, biji aprikot ini juga memiliki efek positif bagi kulit yang kusam.

  • Baking Soda

Selain dipakai untuk membuat makanan, baking soda merupakan salah satu material yang dapat mengelupas kulit secara alami. Caranya, campurkan baking soda dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada kulit anda yang kering, kusam dan kasar. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Yang perlu anda perhatikan adalah jika terjadi iritasi sebaiknya anda menghentikan cara ini.

  • Kacang Almond

Kacang almond juga mempunyai kandungan yang amat baik untuk membersihkan sel kulit mati di wajah dan juga untuk melembutkannya. Cara menggunakanya yaitu kacang almond dihaluskan, kemudian dicampur dengan air secukupnya. Oleskan di wajah anda, dan pijatlah perlahan-lahan. Diamkan selama 5 menit kemudian bilaslah dengan air dingin.

  • Oatmeal

Masih juga menggunakan makanan, oatmeal adalah salah satu pengelupas atau exfoliant yang lembut yang mudah didapatkan di swalayan ataupun supermarket. Jika anda mempunyai kulit yang sensitif, maka oatmeal ini merupakan bahan yang sangat pas untuk mengelupas sel kulit mati di wajah anda. Untuk jenis kulit berminyak juga sangat cocok sekali karena salah satu manfaat dari oatmeal ini adalah menyerap minyak sehingga membantu anda membersihkan wajah dari sisa sisa minyak dan juga sel kulit mati.

Cara membuatnya yaitu oatmeal dihaluskan sampai menjadi bubuk, kemudian tambahkan air secukupnya. Oleskan adonan oatmeal ini pada wajah dan pijat secara perlahan-lahan.

  • Madu

Madu merupakan bahan alami yang sudah sejak jaman nenek moyang dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Madu memiliki banyak sekali khasiat diantaranya melembabkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, menghilangkan komedo, mengangkat sel kulit mati dan masih masih banyak lagi. Nah untuk mengatasi sel kulit mati anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah. Caranya anda oleskan madu alami pada kulit wajah anda diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

  • Minyak zaitun

Sudah tak perlu diragukan lagi akan khasiat dari minyak zaitun. Sejak zaman dahulu minyak zaitun sudah digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit wajah. Minyak zaitun selain dapat mempercantik kulit, minyak zaitun juga ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit salah satunya yaitu mengangkat sel kulit mati. Kandungan pada minyak zaitun sangat baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Gunakan minyak zaitun sebagai masker wajah anda untuk mengangkat sel kulit mati.

  • Teh hijau

Teh hijau juga ampuh sekali untuk mengatasi sel kulit mati. Kandungan alami pada teh hijau memiliki antioksidan yang cukup tinggi yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi halus. Ambil bubuk teh hijau secukupnya, kemudian anda campurkan dengan madu atau minyak zaitun, oleskan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

  • Gandum

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan gandum. Gandum dapat mengangkat sel kulit mati. Ambil gandum secukupnya, campurkan dengan minyak zaitun dan sedikit sari apel. Aplikasikan pada kulit wajah sambil anda pijat, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat, keringkan menggunakan handuk.

  • Kacang kenari dan yougurt

Kacang kenari bertugas untuk mengangkat sel kulit mati, sedangkan yougurt berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur dan melembabkan kulit. Kombinasikan keduanya untuk mengangkat sel kulit mati. Campurkan kenari yang telah anda tumbu dengan yougurt, oleskan pada kulit sambil anda pijat selama 15 menit, kemudian anda bilas dengan air dingin.

Demikianlah Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati. Sel kulit mati selain membuat kulit menjadi kasar juga membuat kulit menjadi gelap. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://carapemesanancompoundmarrowpowderblog.wordpress.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Bahan Alami Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan

Ketahuilah beberapa Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal agen resmi Green World yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan – Sebagian besar wanita menempatkan perawatan kecantikan sebagai menu utama. Sementara berdandan adalah santapan harian. Bicara tentang perawatan yang berhubungan dengan kecantikan, ternyata masik banyak persepsi-persepsi yang masih salah, bisa karena mitos atau memang kebiasaan yang sulit dihilangkan.

Inilah Kesalahan Dalam Merawat Tubuh

Mungkin selama ini tanpa disadari kita telah melakukan kesalahan umum pada saat merawat tubuh. Berikut ini adalah beberapa Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan :

  • Sering Mencuci Tangan

Mencuci tangan terlalu sering menyebabkan tangan kita kering, bahkan pecah-pecah sehingga malah menjadi sarangnya bakteri.
Begitu juga dengan hand sanitizer. Dewasa ini, banyak orang sedikit-sedikit menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. Akan tetapi, hand sanitizer yang biasanya memiliki kadar alkohol sangat tinggi akan membuat kulit kita sangat kering. Lebih bijak menilai kapan benar-benar butuh mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Serta, jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan tangan kita dengan menggunakan hand cream atau cukup dengan lotion biasa setiap kali habis mencucinya.

  • Terlalu Banyak Mandi

Kedengarannya menyenangkan, tetapi ini dapat membuat kulit jadi kering. Batasi waktu mandi hanya selama kurang lebih 3 menit dengan suhu air yang tak terlalu panas. Selalu gunakan pelembab segera setelah mandi untuk mencegah kulit jadi kering

  • Jangan Gunakan Conditioner di Bagian Atas Rambut

Conditioner membantu menutrisi batang rambut, akan tetapi sangat tidak dianjurkan untuk memakainya di seluruh batang rambut sampai ke akar. Conditioner yang menyentuh kulit kepala akan menyebabkan kulit kepala berminyak dan dapat menimbulkan ketombe. Selain itu, memakai conditioner dibagian atas rambut akan memberatkan batang rambut sehingga terlihat lepek dan tidak bervolume. Batang rambut bagian atas, karena dekat dengan kulit kepala lebih sehat karena masih mendapat ‘makanan’ dari kulit kepala dan umurnya masih muda ketimbang batang rambut bagian bawah. Oleh karena itu, batang rambut bagian bawah memerlukan nutrisi tambahan yang didapatkan dari conditioner. Jadi, lain kali Anda memakai conditioner, pakailah hanya di sepertiga bagian bawah batang rambut.

  • Mengeringkan Rambut Dengan Handuk

Friksi yang disebabkan oleh gesekan rambut dan handuk akan menyebabkan rambut kita rusak atau patah karena tekstur rambut kita sangat halus apabila benar-benar kita perhatikan per helainya.Baiknya, untuk mengeringkan rambut, ‘bungkuslah’ rambut dengan handuk dan biarkan selama beberapa menit, kemudian sisir dan biarkan kering secara alami

  • Waktu Paling Tepat Gunakan Body Lotion

Kulit kita memang terasa lembap dan kenyal setelah kita selesai mandi karena kulit kita bisa menyerap air dan menahanya di dalam kulit, tetapi hanya untuk 10 menit pertama. Setelah 30 menit, kondisi kulit kita akan kembali seperti semula. Kulit kering dan bersisik akan lebih cepat berkeriput. Agar tidak kering, maka sangat penting untuk menjaga kelembapannya dengan memakai pelembap tubuh atau body lotion. Segera setelah mandi dan mengeringkan badan dengan handuk, langsung aplikasikan pelembap tubuh, karena saat inilah saat yang terbaik untuk penyerapan pelembap ke dalam kulit.

  • Tidak Gunakan Body Scrub Setiap Hari

Menggunakan body scrub setiap hari tidak baik efeknya untuk kulit kita. Guna dari body scrub adalah untuk eksfoliasi, atau mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit kita. Akan tetapi kulit sendiri butuh waktu untuk regenerasi sel kulit baru dan sedangkan tidak setiap harinya ada penumpukan sel kulit mati. Sehingga, scrub tiap hari tidak disarankan, karena bukannya kita mengangkat sel kulit mati, yang terjadi malah kita akan mengikis sel kulit sehat. Disarankan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif untuk melakukan scrubbing sekali seminggu. Sedangkan untuk kulit normal bisa dilakukan 2 sampai 3 kali seminggu

  • Salah Tempat Menyemprot Parfum

Jika Anda mengenakan arloji atau gelang, maka wewangian akan berbaur dengan aroma dari aksesori Anda. Lebih baik, semprotkan parfum pada titik denyut nadi di leher, karena daerah ini lebih hangat dan akan membantu menyebarkan wewangian.

  • Hindari Minuman Bersoda

Di era modern ini banyak sekali wanita yang kurang meminum air putih. Mereka cenderung menyukai minuman bersoda. Bukan hanya untuk minuman, soda juga digunakan untuk diet. Soda sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kulit. Kandungan zat natrium bikarbonatnya bisa menyerap kadar air yang terlarut pada sel tubuh, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit dan kulit bisa menjadi cepat keriput. Jadi, lebih baik minumlah air putih. Air putih mengandung oksigen dan mineral yang sangat berguna untuk tubuh anda. Jadi, minumlah sebanyak delapan gelas sehari agar kulit anda tetap segar dan lembab. Selain itu meminum air putih juga dapat menjadi anda tampak lebih muda.

Demikian informasi mengenai Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan yang dapat kami bagikan. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://carapemesanancompoundmarrowpowderblog.wordpress.com untuk update infomasi kesehatan lainnya.

Kesalahan Dalam Hal Merawat Tubuh Yang Sering Dilakukan

Deretan Bahan Makanan Manis Pengganti Gula

Pemakaian gula pasir dipercaya dapat membahayakan kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Untuk menggantikannya, ternyata terdapat beberapa pengganti gula pasir putih yang alami serta menyehatkan. Inilah Deretan Bahan Makanan Manis Pengganti Gula

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World Global yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pelayanan “Barang Sampai Baru Bayar“.

Deretan Bahan Makanan Manis Pengganti Gula

Deretan Bahan Makanan Manis Pengganti Gula

Deretan Bahan Makanan Manis Pengganti Gula – Gula merupakan bahan makanan yang tidak bisa dihindari lagi dari dalam keseharaian kita. Membuat minuman manis seperti teh, jus, atau susu juga memerlukan gula. Masakan juga ada yang memerlukan bahan dasar gula walaupun takaran gula yang diperlukan tidak banyak. Ketika bosan memakai gula, kita pun bertanya-tanya bahan lain untuk mengganti gula. Ada yang disebut sebagai pemanis buatan. Anda mungkin pernah mendengarnya sebagai salah satu bahan dasar gula di makanan kemas.

Pro dan kontra pemanis buatan

Pemanis buatan biasanya lebih manis dari gula biasa dan dibuat dari zat alami serta gula itu sendiri. Pemanis buatan ini bisa juga disebut pengganti gula sintetis. Klaim dari pemanis buatan ini adalah tidak mengandung kalori, ini alasan sering kita jumpai berbagai produk yang mengklaim ‘bebas gula’ atau ‘zero sugar’. Pemanis buatan biasanya juga digunakan untuk bahan rumahan juga, seperti untuk memasak dan membuat kue. Ketika akan menggunakan pemanis buatan, sebaiknya Anda memeriksa dulu label pada pemanis buatan agar takarannya tepat, karena takaran gula dengan pemanis buatan berbeda. Anda hanya membutuhkan sedikit saja dibanding dengan gula,  untuk membuat makanan terasa manis.

Manfaat pemanis buatan

Selain tidak akan menimbulkan gigi berlubang, pemanis buatan memiliki beberapa manfaat seperti:

  1. Berat badan yang stabil, sebab seperti yang sudah dijelaskan, tidak ditemukan kalori pada pemanis buatan. Namun perlu Anda garis bawahi, pemanis buatan juga tidak menutrisi tubuh. Berbeda dengan gula yang memiliki kalori, Anda bisa membayangkan bahwa satu softdrink 12 ons mengandung tambahan gula sekitar 10 sendok teh, maka kira-kira terdapat sekitar 150 kalori. Jika Anda ingin mencegah berat badan naik atau sedang menurunkan berat badan, sebaiknya ganti gula Anda. Tetapi, cara ini tidak sepenuhnya efektif, sebab ada beberapa peneliti berdasarkan situs Mayo Clinic, bahwa justru pemanis buatan dapat meningkatkan berat badan Anda.
  2. Alternatif gula untuk penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena pemanis buatan bukan karbohidrat sehingga tidak menambah level gula darah. Tetapi Anda perlu mengkonsultasikannya ke dokter mengenai kategori pemanis buatan yang akan digunakan.

Risiko penggunaan pemanis buatan

Namun pemanis buatan diduga dapat menimbulkan permasalahan serius dengan kesehatan Anda, seperti memicu penyakit kanker. Pada tahun 1970, sakarin (salah satu jenis pemanis buatan) diduga memiliki kaitan dengan kanker kandung kemih yang ditemukan di sebuah laboratorium penelitian tikus. Dampak dari hal ini, sakarin sempat mendapat peringatan ‘tidak baik untuk kesehatan’. Meskipun begitu, pendapat berbeda dikemukakan oleh National Cancer Institute yang dikutip oleh Mayo Clinic, tidak ditemukan bukti ilmiah pemanis buatan yang telah mendapat lisensi dapat menimbulkan kanker atau masalah kesehatan serius lainnya.

Pemanis Alami

Pemanis alami dipercaya lebih sehat dari gula, tetapi faktanya tidak ada perbedaan yang signifikan dari kandungan vitamin dan mineralnya. Ketika dicerna dalam tubuh, keduanya akan menjadi glukosa dan fruktosa. Biasanya pemanis alami dikombinasikan dengan minuman seperti teh dengan asumsi agar lebih sehat, dan sebagai topping makanan. Selain masalah nutrisi yang sama, permasalahan yang ditimbulkan pun tak berbeda. Pemanis alami juga dapat menimbulkan gigi berlubang, bertambahnya berat badan, bahkan peningkatan trigliserida.

Berikut bahan alami sebagai pengganti gula

  • Asamsulfat potassium

Ditemukan pada soft drinks, gelatin, permen karet, frozen dessert. Tidak ada nutrisi yang bisa diambil dari asamsulfat potassium. Namun pemanis buatan ini disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) semenjak tahun 1988 hingga saat ini, hal ini berarti menunjukkan tidak ada masalah yang ditimbulkan. Asamsulfat potassium termasuk ke dalam pemanis buatan.

  • Madu

Madu diperoleh dari lebah yang mengambil sari pada bunga dan membawanya pada sarang lebah, yang diubah menjadi sirup yang kental untuk makanan koloninya. Salah satu kelebihan madu dibandingkan dengan gula adalah madu tidak meningkatkan gula dalam darah dalam waktu yang cepat, tetapi kalori yang terdapat dalam madu lebih besar dibandingkan dengan gula biasa. Kelebihan lainnya adalah madu menawarkan sekitar 132 mg potassium yang berfungsi membantu mengurangi sakit tenggorokan. Sedangkan madu mentah kaya akan vitamin B dan C yang baik untuk imunitas tubuh.

  • Agave nectar

Memiliki kelebihan rendahnya indeks glikemik. Selain itu juga dapat mengurangi sensitivitas insulin – tidak meningkatkan gula darah secara drastis – sebab lebih banyak mengandung fruktosa dibanding dengan gula. Proses pembuatannya pun memerlukan waktu yang lama, dihasilkan dari tanaman yang sama dengan tequila. Lalu, daun dipotong dan diambil getah dari inti tanaman tersebut yang disebut dengan pina. Selah melalui proses penyaringan dan pemanasan, akhirnya karbohidrat tersebut terurai menjadi gula. Kalorinya hampir sama dengan madu, bedanya agave nectar tidak mengandung antioksidan.

  • Sirup jagung fruktosa

Fruktosa dan glukosayang  didapatkan berasal dari sirup jagung yang diproses. Biasanya menjadi pengganti bahan sukrosa (pemanis buatan), karena dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi daripada sukrosa. Namun kalorinya dapat meningkatkan risiko obesitas.

  • Stevia

Manis yang dihasilkan berasal dari daun yang disebut glikosida. Daun ditempatkan ke dalam air panas, agar glikosida dapat dikumpulkan. Stevia diduga dapat menurunkan tekanan darah dan level gula dalam darah, kelebihan lainnya adalah bebas kalori sehingga sangat membantu dalam penurunan berat badan.

  • Sukanat

Tebu diambil sarinya dan dipanaskan hingga kering, mengkristal dan menciptakan butiran cokelat gelap. Selain itu sukanat juga mengandung kalsium, vitamin A dan B6, potassium dan khrom.

  • Sucralose

Salah satu penelitian yang dikutip oleh Health.com menyebutkan bahwa Sucralose dapat bereaksi negatif terhadap imunitas tubuh, namun penelitian lain tidak dapat menemukan korelasi tersebut. Pemanis ini juga salah satu yang tidak sensitif terhadap panas. Selain itu, sucralose juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau mereka yang sedang menjalani program diet, sebab tidak terdapat kalori karbohidratnya.

Begitulah informasi mengenai pemanis buatan dan pemanis alami juga deretan bahan makanan manis pengganti gula yang dapat kami kutif. Semoga bermanfaat

Terus kunjungi situs https://carapemesanancompoundmarrowpowderblog.wordpress.com untuk update informasi bermanfaat seputar kesehatan.

Deretan Bahan Makanan Manis Pengganti Gula

KENALI GEJALA DAN PENYEBAB ANGIN DUDUK JUGA CARA MENGOBATINYA

KENALI GEJALA DAN PENYEBAB ANGIN DUDUK JUGA CARA MENGOBATINYA

Apa itu angin duduk? Dan bagaimana cara mengatasi angin duduk? Untuk itu ayo kenali gejala dan penyebab angin duduk juga cara mengatasinya !!

shutterstock_85322269-copy

Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk Juga Cara Mengobatinya – Selamat datang di salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World Global. Green World menyediakan obat herbal terpercaya dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di kesempatan kali ini kami akan memberi informasi mengenai gejala angin & penyebab angin duduk serta cara mengobatinya. Selamat Membaca..

Pengertian Angin Duduk

Angin duduk atau angina adalah suatu kondisi saat penderitanya mengalami nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Terganggunya pasokan darah ini terjadi akibat adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Serangan angin duduk bisa terjadi secara tiba-tiba.

Di dalam dunia kedokteran istilah angin duduk adalah suatu penyakit yang mengarah pada penyakit jantung , disebut juga Sindroma Koroner Akut (SKA). SKA adalah salah satu manifestasi klisis dari Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang utama dan paling sering menyebabkan kematian.

Gejala Angin Duduk

Gejala angin duduk ini pada umumnya berupa nyeri dada yang disebut juga Angina Pectoris yaitu suatu sindrom klinis berupa serangan nyeri dada. Beirkut ini gejala lainnya dari angin duduk :

  • Sesak Nafas
  • Tubuh terasa lelah
  • Mual
  • Pusing Gelisah
  • Mengeluarkan keringat berlebih

Penyebab Angin Duduk

ang

Penyebab angin duduk atau angina yang utama sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung. Penyempitan tersebut menyebabkan sebagian jantung tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga pasokan darah ke jantung pun tidak seimbang. Kondisi ini akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada otot jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Berdasarkan hal-hal yang dapat memicu penyempitan pembuluh koroner, angin duduk dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Angin duduk stabil. Aktivitas fisik adalah pemicu terjadinya kondisi ini, salah satunya adalah olahraga. Karena ketika seseorang melakukan olahraga, jantungnya akan membutuhkan lebih banyak asupan darah. Asupan tersebut tidak akan tercukupi jika pembuluh koroner mengalami penyumbatan. Serangan angin duduk stabil juga dapat dipicu oleh beberapa hal lainnya, seperti merokok, stres, makan berlebihan, dan udara dingin.
  • Angin duduk tidak stabil. Kondisi ini dapat dipicu oleh timbunan lemak atau pembekuan darah yang mengurangi atau menghalangi aliran darah menuju jantung. Tidak seperti angin duduk stabil, nyeri akibat angin duduk tidak stabil akan tetap ada walau penderita sudah berisitirahat dan mengonsumsi obat untuk angina. Jika dibiarkan, serangan angin duduk tidak stabil bisa berkembang menjadi serangan jantung.

Cara Mengobati Angin Duduk

Pengobatan angin duduk bertujuan mengurangi tingkat keparahan gejalanya dan menurunkan risiko penderitanya terkena serangan jantung atau mengalami kematian.

Angin duduk dengan gejala ringan atau menengah sebenarnya masih bisa ditangani tanpa obat-obatan, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu munculnya angin duduk. Beberapa hal tersebut di antaranya:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang atau yang mengandung banyak serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian utuh. Hindarilah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.
  • Jangan makan melebihi porsi atau kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Seimbangkan antara aktivitas fisik yang dilakukan dengan istirahat. Ada baiknya minta nasihat dokter terlebih dahulu mengenai olahraga yang sehat untuk kondisi Anda.
  • Hindari stres atau tangani stres jika Anda mengalaminya.
  • Lakukanlah program penurunan berat badan jika Anda mengalami obesitas.
  • Hindari asap rokok.
  • Batasi konsumsi minuman keras.
  • Selalu kontrol kadar gula darah jika Anda menderita diabetes.

Jika angin duduk tidak cukup diatasi dengan penerapan gaya hidup sehat, maka dokter dapat meresepkan beberapa obat berikut ini.

  • Obat-obatan pencegah pembekuan darah. Obat ini berfungsi memisahkan kepingan-kepingan darah dan mencegah penggumpalan. Beberapa contoh obat dari golongan ini adalah clopidogrel dan ticagrelor.
  • Aspirin. Obat ini berfungsi menurunkan kemampuan darah untuk menggumpal sehingga darah akan mudah mengalir melalui pembuluh yang sempit sekali pun. Selain mengatasi angina, aspirin juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung. Beberapa efek samping penggunaan aspirin di antaranya mual, gangguan pencernaan, dan iritasi lambung.
  • Statin. Obat ini mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga kerusakan pembuluh darah dapat dicegah. Selain itu, statin juga dapat menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung. Statin bekerja dengan cara memblokir suatu enzim penghasil kolesterol yang terdapat di dalam organ hati. Potensi efek samping statin adalah nyeri perut, diare, dan konstipasi.
  • Obat-obatan nitrat. Selain efektif dalam mengatasi gejala angin duduk, nitrat juga dapat digunakan sebagai metode pencegahan jangka panjang atau digunakan sebelum melakukan aktivitas yang berpotensi menyebabkan angin duduk, seperti berolahraga. Obat ini berfungsi melemaskan pembuluh darah yang kaku agar darah dapat mengalir dengan lancar menuju jantung. Salah satu obat nitrat yang banyak digunakan adalah glyceryl trinitrate. Obat ini mampu meredakan gejala angin duduk dengan cepat. Jangan mengonsumsi minuman keras selama menjalani pengobatan dengan glyceryl trinitrate karena dapat memperparah efek samping yang muncul.
  • Obat penghambat saluran kalsium. Obat ini dapat melancarkan aliran darah di dalam jantung dan meredakan atau mencegah gejala angin duduk. Obat yang juga dikenal sebagai antagonis kalsium ini mampu melemaskan sel-sel otot yang terdapat di dalam dinding pembuluh darah.
  • Nicorandil. Obat ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi obat penghambat saluran kalsium. Meski begitu, nicorandil memiliki fungsi dan kinerja yang sama seperti obat penghambat kalsium, yaitu memperlancar aliran darah pada jantung dengan cara memperlebar arteri koroner.
  • Obat penghambat beta. Dalam meredakan atau mencegah gejala angin duduk, obat ini berfungsi menangkal efek hormon adrenalin sehingga tekanan darah berkurang dan ritme jantung menurun. Dengan demikian, beban jantung akan menurun.
  • Ivabradine. Obat ini memiliki kinerja yang sama dengan obat penghambat beta, namun dijadikan alternatif jika penderita angin duduk tidak bisa mengonsumsi obat tersebut.
  • Ranolazine. Obat ini dapat mencegah angin duduk dengan cara memperlancar aliran darah dan melemaskan otot-otot jantung. Ranolazine aman digunakan oleh penderita yang memiliki ritme jantung tidak teratur atau memiliki riwayat serangan jantung karena obat ini tidak memengaruhi kecepatan detak jantung.
  • Obat penghambat enzim pengubah angiotensin. Obat yang umum disebut ACE inhibitor ini berfungsi menghambat aktivitas suatu hormon yang dapat mempersempit pembuluh darah. Hormon tersebut disebut angiotensin. Obat ini juga dapat menurunkan tekanan darah. ACE inhibitor tidak boleh digunakan pada penderita angin duduk yang memiliki gangguan ginjal karena dapat menurunkan suplai darah ke organ tersebut.

Jika gejala angin duduk sudah parah dan tidak bisa lagi diatasi dengan obat-obatan, tindakan operasi akan dipertimbangkan oleh dokter demi mencegah terjadinya serangan jantung. Beberapa jenis operasi tersebut di antaranya:

  • Operasi bypass. Prosedur ini bertujuan untuk mengalihkan rute aliran darah agar tidak melewati pembuluh darah yang terhalang atau sudah rusak dengan menggunakan pembuluh darah dari bagian tubuh lainnya.
  • Operasi angioplasti. Prosedur yang bertujuan memperlancar aliran darah ini dilakukan dengan cara memasukkan sebuah balon kecil ke dalam pembuluh darah yang mengalami penyempitan, sehingga ketika balon tersebut ditiup, pembuluh darah akan melebar. Setelah itu, sebuah kawat khusus akan Fungsi kawat ini untuk mengganjal pembuluh darah agar tetap terbuka.

Nah itulah yang dapat kami jelaskan mengenai gejala dan penyebab angin duduk juga cara mengobatinya Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Pastikan untuk menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dan meminimalisir penyakit yang masuk ke tubuh kita.

Terus kunjungi situs https://carapemesanancompoundmarrowpowderblog.wordpress.com untuk update seputar kesehatan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Tubuh Ibu Hamil Dan Diet

KENALI GEJALA DAN PENYEBAB ANGIN DUDUK JUGA CARA MENGOBATINYA